Kilas balik Jardiknas di Kab. Pesisir Selatan

Cukup panjang kisah jardiknas di Kabupaten yang terletak di daerah pesisir bagian selatan dari Propinsi sumatera Barat ini. Awalnya telah terhubungnya Dinas Pendidikan Kab. Pesisir selatan dengan Jardiknas di tahun 2007, kemudian OFF karena ada renovasi gedung diknas, atas perintah Kepala Diknas “perangkat jardiknas di simpan dulu”. Setelah setelah beberapa bulan, gedung diknas selesai, perangkat jardiknas di hidupkan kembali dan Kab Pesisir selatan sudah terhubung lagi dengan Jardiknas. akan tetapi dari sisi ICT Center masih belum ready karena proses transisi Kepala sekolah yang membuat ICT Center terkatung-katung. Setelah sekian waktu berlalu… SMKN 1 Painan dengan Kepala Baru Bapak Rusma Yul Anwar menata lagi ICT Center. Dengan dukungan dari pihak SMKN 1 Painan dan PIhak Diknas maka antara Diknas dan ICT Center (SMKN 1 Painan) terhubung, ICT Center Kab. Pesisir Selatan tergabung dengan Jardiknas.

Nasib malang tidak dapat ditolak, Nasib Mujur tidak bisa di kejar. Terjadi kebakaran di SMKN 1 Painan, yaitu sebuah gedung yang berlokasi tepat di bawah Tower ICT Center. mengakibatkan Gedung belajar 4 Lokal hangus tinggal abu dan puing2 saja dan termasuk Kabel LAN, Kabel Listrik ke tower hangus terbakar dan Sling tower banyak yang putus. Kejadian ini mengakibatkan ICT Center Putus Koneksi ke diknas seterusnya putus ke jardiknas.

Pasca bencana, ICT Center di koneksikan lagi dengan Diknas… dan ICT Center Painan Online lagi ke jardiknas. Dukungan penuh pihak Pemerintah Kabupaten terhadap SMKN 1 Painan sangat tinggi, Pembangunan ulang Gedung yang terbakar + Ruangan Khusus ICT Center dilakukan. Dalam proses pembangunan itu ternyata alat berat pembangunan gedung tersebut ternyata mengenai Kabel jaringan, kabel listrik dan beberapa sling tower, Jardiknas di ICT Center Painan OFF lagi. Hasil pertemuan Rapat antara Kepsek SMKN 1 Painan, Diknas Kab. Pesisir Selatan, dan Konsultan ICT Depdiknas ( Dafwen Toresa) di putuskan bahwa untuk menghubungkan lagi ICT Center Painan dengan jardiknas setelah semua bangunan selesai di bangun, termasuk bangunan khusus untuk ruang ICT Center.

Bulan Maret 2008, Ruangan ICT Center yang baru telah selesai dibangun dan Gedung 4 lokal yang terbakar dulu juga telah di bangun ulang, maka disiapkan semua peralatan pendukung di Ruangan ICT Center tersebut seperti instalasi listrik, komputer, genset, dll. Pada hari Jumat 04 April 2008 SMK Negeri 1 Painan telah tersambung dengan Jardiknas.

Satu Tanggapan

  1. bencana takdir yang tak dapat di hindari..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: